JIU JITSU (bela diri asal jepang)


Ada berbagai macam teknik atau jurus bela diri di dunia ini, salah satu dari yang terkuat adalah JUI-JITSU asal Jepang. Menurut catatan literatur kuno di Jepang cara berkelahi yang tertua adalah SUMO atau gulat Jepang.
Tehnik - Tehnik membanting dalam gulat Jepang atau SUMO tumbuh dan berkembang bersamaan dengan tumbuhnya tehnik membanting dari Jiu Jitsu, karena secara umum tehnik membanting dalam Sumo dipakai juga dalam Jiu Jitsu.




Pada tahun 230 B.C di Jepang yaitu pada saat pemerintahan Kaisar Suijin telah ada suatu bentuk pertandingan adu kekuatan fisik, dan kepada pemenangnya diberi hadiah. Dalam pertandingan itu telah dipakai tehnik membanting dan menghimpit ( menjepit ) tubuh lawan agar tidak bisa bergerak, dengan jalan menindih di atas tubuh lawan, hal itu tersebut menunjukkan awal dari timbulnya tehnik kuncian, walaupun masih dalam bentuk yang sederhana yaitu menindih.

Selanjutnya tehnik membanting, mengunci, menendang, memukul, menangkis, itu berkembang terus dari tahun ke tahun di Jepang, tetapi saat itu tehnik berkelahi Jiu-Jitsu hanya dipelajari secara tertutup dan fanatik di kalangan masing - masing Marga atau Suku. Ketertutupan dan kerahasiaan cara belajar tehnik Jiu Jitsu itu baru dapat diketahui untuk dipelajari secara terbuka pada saat Jaman Pemerintahan Pangeran Teijun tahun 850 sampai 880, dimana pada tahun - tahun tersebut mulai dibuka sekolah sekolah Jiu Jitsu tetapi khusus hanya boleh dipelajari oleh
orang - orang Jepang saja.

Pada tahun 1300 muncul seorang pemuda Jepang yang bernama Akiyama yang berhasil
menjagoi perkelahian Bela Diri Jiu Jitsu sehingga tahun tersebut dianggap sebagai tahun kebangkitan Jiu Jitsu ( Gokei - Jitsu Ryu oleh : WG Reush tahun 1981 hal 47 )
Inti Dari Gerakan Jiu Jitsu adalah :
1. Memukul
2. Menendang
3. Menangkis / Mengelak
4. Tekhnik Jatuhan
5. Membanting
6. Mengunci dan mematahkan
7. Penggunaan tenaga dalam dengan ilmu Pernapasan
8. Permainan senjata tajam






jika anda tertarik untuk mengetahui sedikit lebih dalam cara mengunci dan membanting orang hehe
dapat dilihat dibawah ini :
JIU-JITSU.net
FACEBOOK JIU-JITSU

0 komentar:

Posting Komentar

ME

Foto saya
saya adalah murid sma berumur 17 tahun yang sedang belajar mengurus dan mengelola blog. tolong bantu saya! hehe tolong gambar gambarnya jangan dibajak ya hehe
Powered By Blogger

XX-BOX-XX

Followers